5 Jurus Mendapatkan Modal Untuk Bisnis Anda

Cara Mendapatkan Modal-Ketika berpikir untuk membuat sebuah usaha, perlu dipertimbangkan ide usaha, skala usaha, kompetisi, permintaan pasar, tenaga kerja, serta yang sangat penting untuk dipikirkan adalah ketersediaan modal usaha beserta sumbernya. Modal bagaikan fondasi awal sebuah usaha yang akan dibangun. Tetapi perlu diingat modal bukan hanya sekedar uang atau aset, tetapi juga bisa dalam wujud pengetahuan terhadap usaha tersebut, pengalaman, keberanian, serta networking. Namun dari beberapa modal yang disebutkan di atas, kebanyakan calon pengusaha menemui kendala besar dalam mendapatkan modal berupa uang atau aset.
Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan membahas informasi mengenai cara memperoleh modal usaha untuk Anda yang hendak memulai bisnis skala kecil maupun menengah. Ada beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mendapatkan dana usaha, diantaranya :

 1. Menabung

Menabung adalah cara yang paling lama untuk mendapatkan modal. Tapi ini adalah hal yang sangat mudah untuk Anda tanpa menyusahkan orang lain. Karena Anda tidak melibatkan orang lain untuk meminjamkan uangnya sebagai modal untuk Anda.

2. Menarik Pemegang Saham

Menarik pemegang saham bukanlah hal yang mudah, karena banyak rincian yang harus Anda berikan kepada mereka. Harus banyak penjelasan yang mereka terima agar mereka mau menanamkan sebagian saham mereka kepada Anda.

Proposal yang diajukan juga harus sesuai dengan keadaan bisnis yang akan Anda buat, tanpa mengurangi atau melebihkan. Membuat dia percaya adalah hal tidak mudah, karena itu akan mempengaruhi nasib bisnis kalian berdua. Sehingga Anda dan dia bisa mendapatkan keuntungan yang kalian inginkan

3. Investor Perorangan/Kelompok
Jika Anda ingin membuka usaha tapi modalnya belum cukup, dan tidak berani untuk meminjam uang ke bank, mungkin cara yang ketiga ini cocok untuk Anda. Jika modal Anda masih sedikit untuk membuka suatu usaha, mungkin Anda bisa mengajak orang-orang lain yang memiliki dana berlebih untuk menginvestasikan uangnya di usaha Anda. Istilahnya, mereka adalah para pemegang saham usaha Anda tersebut.
Namun, tak gampang untuk meyakinkan mereka agar mau menyumbangkan uangnya untuk dijadikan modal usaha. Mereka tentu tak mau berinvestasi “bodong”, di mana ujung-ujungnya hanya mendapatkan kerugian. Karena itu, Anda harus membuat skema usaha yang akan dijalankan serta dari mana keuntungan akan diraih. Anda harus menggambarkan secara detail mengenai prospek ke depannya dari usaha Anda itu. Jika cukup meyakinkan, dijamin banyak orang yang mau memberikan modal untuk Anda.

 4. Menjual Ide

Berikutnya yaitu jual ide, dan mengajaknya untuk menjadi partnership, bila dia menjadi partnership maka dia akan ikut terjun langsung. Untuk lebih meyakinkan bisa memberikan jaminan berupa sertifikat ataupun latar belakang. Buat dia percaya kepada Anda, katakan padanya bahwa dia harus cepat, karena ini menguntungkan dan sekali lagi sebutkan keuntungan-keuntungan tersebut. Namun ide ini benar-benar harus teraplikasi secara baik, dan benar-benar memberikan keuntungan untuk pemberi modal.

0 Response to " 5 Jurus Mendapatkan Modal Untuk Bisnis Anda "

Post a Comment